Konsep Diri Anda menentukan penjualan Anda

self concept

self concept“We have a mental block inside us that stops us from earning more than we think we are worth. If we want to earn more in reality, we have to upgrade our self-concept”.
Apa itu konsep diri atau Self Concept? Brian Tracy menjelaskan bahwa Self Concept / Konsep diri adalah sekumpulan keyakinan yang dimiliki tentang diri Anda sendiri dan tentang dunia Anda.
Keyakinan tersebut dimiliki setelah Anda menjalani hidup ini, merenungkannya, mendalaminya dan kemudian memahaminya. Keyakinan juga tumbuh karena pembelajaran terhadap lingkungan sekitar Anda, juga terhadap cara Anda dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Selama bertahun-tahun, sejak remaja bahkan sejak kanak-kanak, setiap manusia menyerap serangkaian gagasan, keraguan, ketakutan, opini, sikap, nilai, harapan, mitos dan kesan lainnya yang saling terajut dengan begitu kompleks dan berproses dalam pikiran, hati dan benaknya masing-masing. Sumber semuanya itu bisa berasal dari keluarga, sekolah, teman, kerabat, juga informasi dari media elektronik dan media informasi lainnya.

Lama kelamaan membawa semua itu ke dalam keseharian hidup Anda dan menerimanya sebagai suatu kebenaran. Ini semua adalah instruksi kerja dari “komputer” yang berada di alam bawah sadar yang mengontrol segala sesuatu yang Anda katakan, lakukan, pikirkan dan rasakan, baik secara spontan maupun hasil dari suatu pemikiran yang mendalam. Sistem kerjanya seperti otomatisasi dalam suatu perangkat lunak di komputer.

Sistem otomatisasi itu tidak selamanya benar, beberapa bagian perlu diperbaiki. Kalau tidak ada perubahan atau kemajuan yang berarti dalam diri, membuat Anda akan terus melanjutkan cara bekerja, berpikir, berkata dan merasakan dengan cara yang sama secara berulang. Hal tersebut kurang menguntungkan tentunya.

Bila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dalam kehidupan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meng-upgrade Konsep Diri Anda.
Bagaimana cara untuk meng-upgradenya? Khususnya bagi Orang Sales yang setiap hari dipenuhi oleh tantangan-tantangan untuk mencapai Target Penjualan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan :
1. Bacalah buku-buku yang dapat menambah khazanah perbendaharaan pengetahuan dan meningkatkan kemampuan menjual Anda.
2. Hadiri seminar-seminar yang berhubungan dengan pekerjaan dan meningkatkan kemampuan menjual Anda. Bila belum terbiasa untuk membaca buku, maka hadir dalam sebuah seminar adalah cara termudah yang dapat anda lakukan.
3. Cari, temui dan belajarlah dari orang-orang yang kompeten dan mempunyai track record menjual yang bagus. Bergaul dengan Orang Sales yang hebat akan dapat meningkatkan motivasi dan kepiawaian anda dalam menjual.
Dengan adanya input yang membangun dan positif maka secara sadar ataupun tidak sadar maka Konsep Diri anda akan menjadi lebih baik.
Happy Selling,
Dedy Budiman M.Pd, CMA
Champion Sales Trainer
Founder KOMISI (Komunitas Sales Indonesia)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *