Saatnya ber DISCO di tahun 2018

disco-01

Akhir – akhir ini saya sering ditanya oleh beberapa orang dengan pertanyaan yang sama : Bagaimana prospek penjualan di tahun 2018?

Pertanyaan ini sangat relevan karena tinggal beberapa jam lagi kita akan memasuki tahun 2018

Untuk membantu Anda lebih siap menjual di tahun 2018, maka Anda harus siap masuk ke DISCO World.

DISCO World adalah sebuah dunia dimana Anda akan menemui 5 hal berikut ini : Disrupting, Invading, Shifting, Changing dan Obscuring.

Disrupt berarti mengacaukan atau mengganggu, artinya akan ada lebih banyak gangguan yang Anda temui di tahun 2018.

Invading atau serbuan dari luar akan semakin gencar, sejak berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bursa persaingan tenaga kerja di Indonesia semakin ketat, karena Tenaga Kerja Asing bisa dengan mudah masuk dan bekerja di Indonesia. Perusahaan asing juga semakin agresif untuk merebut market di Indonesia yang sangat potensial dengan jumlah penduduk lebih dari 262 juta.

Shifting atau pergeseran, data BPS mengindikasikan saat ini terjadi kecenderungan pergeseran konsumsi masyarakat dari non-leisure ke leisure. Ini hanya salah satu contoh pergeseran, realitanya akan ada lebih banyak pergeseran lainnya.

Perubahan-perubahan di tahun mendatang frekwensinya juga  akan menjadi lebih banyak dan lebih cepat.

Selain itu kita juga memasuki fase Obscure alias tidak jelas dan samar-samar, yang akan menyulitkan Anda dalam membuat prediksi penjualan.

Inilah tantangan yang setiap orang sales harus hadapi di tahun 2018.

Namun dalam kondisi ini Anda tidak perlu paranoid alias kuatir berlebihan. Karena di era DISCO World maka Anda hanya perlu ber-DISCO.

Let’s Disco on the dance floor ….

Gerakan yang pertama yang harus dilakukan adalah melakukan Diversifikasi.

Diversifikasi adalah tindakan membuat segala sesuatu menjadi lebih beragam dengan tujuan agar tidak terpaku pada satu hal saja.

Dengan banyaknya gangguan, perubahan dan ketidakjelasan maka Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu atau dua macam cara saja untuk mencapai target penjualan.

Zaman sudah berubah, sekarang sudah zaman Now jadi kegiatan Offline seperti canvassing dan menjaga event pameran tidaklah cukup.

Anda perlu menjadi sales O2O, sales yang mampu mencari prospek dan menjaga relasi dengan pelanggan secara Offline dan Online.

Gerakan kedua adalah Intensifikasi

Intensifikasi adalah usaha meningkatkan hasil dengan cara meningkatkan kemampuan atau memaksimalkan produktivitas faktor-faktor yang ada.

Prospek adalah darah dalam penjualan, semakin banyak dan berkualitas prospek yang Anda miliki maka semakin besar peluang untuk mendapatkan penjualan.

Prospek didapat dari berbagai sumber, tetapi sumber prospek yang paling berkualitas di dapat dari orang yang punya pengaruh besar dan percaya kepada Anda.

Untuk itu di era DISCO ini Anda harus memperluas jaringan dan menyisihkan waktu khusus untuk menjalin relasi, bukan sekedar berkumpul dengan sembarang orang, tetapi orang-orang yang berkualitas dan punya pengaruh besar untuk bisa memberi referensi kepada Anda.

Sekarang bukan lagi eranya meminta referensi langsung dari pelanggan, tetapi Anda harus membangun relasi yang baik terlebih dahulu agar dengan sendirinya mereka akan memberikan referensi yang berkualitas untuk Anda.

Gerakan selanjutnya adalah Siaga

Siaga itu artinya waspada dan siap sedia, semakin genting keadaan maka Anda harus semakin Siaga.

Di era DISCO Anda harus memasang seluruh panca indra agar lebih peka, karena keadaan berubah dengan sangat cepat. Jangan terlalu lama dalam mengambil keputusan, monitor keadaan dengan membaca dan memperhatikan trend dan dinamika yang terjadi di pasar.

Gerakan ke empat, Anda harus Cekatan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan cekatan berarti cepat mengerti, pintar, cerdik.

Kalau Anda masih jadi Orang Sales yang LoLa ( Loadingnya Lama ) maka Anda akan tergilas di era DISCO.

Gerakan terakhir adalah Otentik.

Manusia Otentik adalah manusia yang menjadi diri sendiri bukan orang jiplakan, bukan orang tiruan, manusia otentik adalah manusia yang mempunyai sikap dan pendirian sendiri.

Manusia otentik selalu bersifat jujur dan berani menghadapi realita hidup.

Di tengah begitu banyak gangguan dan perubahan setiap orang sales tetap harus punya jati diri dan tidak ikut-ikutan menjadi orang lain.

Dunia boleh berubah tapi prinsip tidak pernah berubah, Seorang Sales yang Otentik  akan tetap di cari oleh pelanggannya, karena mereka jelas, bisa di percaya dan berbeda dari kebanyakan sales lainnya.

Demikianlah 5 gerakan yang wajib setiap orang sales lakukan di tahun 2018

Kalau ada yang bertanya pada Anda bagaimana prospek penjualan di tahun 2018?

Jawab saja saatnya untuk ber DISCO

Happy Selling,

Dedy Budiman

www.dedybudiman.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *