Toko Lagi Ramai, besok aja balik lagi

crazy man sad expression

Tak terasa sudah 1 minggu Jali bekerja di PT. Setia Bersama. Setelah melewati masa MOS bersama Beny dan Iwan kini Pak Dudung minta Jali untuk mulai mencari pelanggan baru untuk kawasan Bekasi.

 

Dudung : Jali, mulai hari ini kamu jalan sendiri dan cari toko baru di daerah Bekasi, kamu bisa kan yah?

Jali : Bisa pak Dudung.

Dudung : Bagus… Ini baru namanya anak buah saya. Nah pagi ini kamu bawa brosur yang ada diloker nanti kamu tawarin barang-barang kita. Ingat prinsip saya apa?

Jali : JOS pak. Jualan …. Omset …. Sukses!

Dudung : Mantab, salam JOS. Jadi kamu tidak boleh balik kantor kalau gak jualan hari ini. Kamu harus fokus Jualan, datangi semua toko di Bekasi sampai ada yang mau order dan menghasilkan Omset. Kalau sdh bawa PO itu baru Sukses. Mengerti Jali?

Jali : Ngerti Pak.

Dudung : Sudah berangkat sekarang. Eh iya ngomong-ngomong dimana Beny sama Iwan kok gak kelihatan?

Jali : Di warung Mpok Mina depan kantor pak (sambil ngeloyor pergi)

 

Jam 10 pagi di salah satu toko bahan bangunan di Bekasi.

 

Jali : Wah… Rame banget nih toko. Pasti kalau order barang pasti banyak nih.  Coba masuk ah…  Siang pak ….

Amin : Iya siang, darimana kamu, mau ngapain?

Jali : Saya Jali dari Setia Bersama mau nawarin barang pak.

Amin : Waduh elu gak liat gua lagi sibuk rame kayak gini. Udah besok aja elu datang kalau gua sepi.

Jali : Oh…. Baik pak. Kalau gitu saya permisi dulu.

 

Demikianlah Jali keliling Bekasi dari pagi sampai jam 16.00 WiB. Jali berhasil mengunjungi 14 toko sepanjang perjalanannya hari ini. Sebagian besar toko yang dikunjunginya memang ramai pembeli, sedangkan hanya 3 toko yang sepi tapi pemiliknya lagi gak ada.

Menariknya semua pemilik toko yang ramai memberikan jawaban yang mirip-mirip dan hampir sama, yaitu : “Gue lagi rame, besok aja elu balik lagi!”

Sambil istirahat minum es cendol dipinggiran Kalimalang Jali berpikir keras dan berkata dalam hatinya “Gua akan datang lagi besok ke toko-toko ini”

Benar saja besok dan beberapa hari selanjutnya Jali mendatangi lagi toko-toko yang sudah dikunjunginya. Anehnya setiap kali dia datang, semua toko bangunan tersebut ramai pembeli terus, dan pemilik tokonya bilang hal yang sama : “Gue lagi rame, besok aja elu balik lagi!”

Dan Jali pun selalu memberikan jawaban yang sama “Baik pak, kalau begitu besok saya akan balik lagi.”

Tapi kok sudah beberapa hari bolak balik begini terus, mau sampai kapan nih musti kunjunginnya.

Malam-malam pas di rumah Jali juga masih mikirin, bahkan Emaknya masak sayur asam dan Ikan peda kesukaannya pun Jali nggak selera makan.

Masih terngiang-ngiang pesan pak Dudung : Jualan … Omset … Sukses.

Mau curhat sama Emaknya Jali gak berani, karena nanti Emaknya bisa ngoceh karena sudah sejak awal Emak gak mendukung Jali jadi sales. Dia harus bertahan dan cari solusi untuk permasalahannya

Tanya sama siapa yah? Teman sekolah dan kuliah gak ada yang jadi sales.

Tiba-tiba Jali tersenyum senang. Aha …. Gua tahu musti minta pendapat siapa?  Buru-buru Jali buka Facebooknya dan nulis status :

 

“Kalau pemilik toko selalu bilang : Gue lagi rame, besok aja elu balik lagi. Sebaiknya seorang sales harus ……”

 

Setelah itu Jali berdoa, sambil berharap semoga ada yang bisa kasih jawaban atas pertanyaannya.

Besok paginya Jali buka Facebooknya dan ternyata banyak yang kasih masukan buat Jali. Beberapa diantaranya :

 

Indra Hadiwidjaja : Cari tahu jam berapa tokonya tidak terlalu ramai, datang di waktu tsb.

 

Febryan Lukito : Jangan langsung menawarkan produk sih. Coba bantu-bantu. Cari tahu kebutuhan. Masalah si toko itu apa. Baru deh closing dari sana.

 

Sugiarto Khouw : Tongkrongin dong.. biar bos nya makin kenal dan pasti nanti di order.

 

Jalipun membaca semua komentar yang bagus-bagus tersebut dan dia jadi dapat pembelajaran yang sangat bagus. Buru-buru dia mandi dan siap untuk mempraktekkan ilmu yang diberikan oleh teman-teman Facebooknya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *