Upgrade Konsep Diri Anda

Dedy Budiman konsep diri

Dedy Budiman konsep diri“We have a mental block inside us that stops us from earning more than we think we are worth. If we want to earn more in reality, we have to upgrade our self-concept”.

Apa itu konsep diri atau Self Concept? Dalam bukunya Brian Tracy menjelaskan bahwa Self Concept / Konsep diri adalah sekumpulan keyakinan yang seseorang miliki tentang dirinya sendiri dan tentang dunianya.

Keyakinan tersebut dimiliki setelah seseorang menjalani hidup ini, merenungkannya, mendalaminya dan kemudian memahaminya. Keyakinan juga tumbuh karena pembelajaran terhadap lingkungan sekitar, juga terhadap cara seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Selama bertahun-tahun, sejak remaja bahkan sejak kanak-kanak, manusia menyerap serangkaian gagasan, keraguan, ketakutan, opini, sikap, nilai, harapan, mitos dan kesan lainnya yang saling terajut dengan begitu kompleks dan berproses dalam pikiran, hati dan benaknya. Sumber semuanya itu bisa berasal dari keluarga, sekolah, teman, kerabat, juga informasi dari media elektronik dan media informasi lainnya.

Lama kelamaan membawa semua itu ke dalam keseharian hidup dan menerimanya sebagai suatu kebenaran. Ini semua adalah instruksi kerja dari “komputer” yang berada di alam bawah sadar yang mengontrol segala sesuatu yang dikatakan, lakukan, pikirkan dan rasakan, baik secara spontan maupun hasil dari suatu pemikiran yang mendalam. Sistem kerjanya seperti otomatisasi dalam suatu perangkat lunak di computer.

Sistem otomatisasi itu tidak selamanya benar, beberapa bagian perlu diperbaiki. Kalau tidak ada perubahan atau kemajuan yang berarti, membuat Anda akan terus melanjutkan cara bekerja, berpikir, berkata dan merasakan dengan cara yang sama secara berulang. Hal tersebut kurang menguntungkan bagi Anda.

So, kawan, bila Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dalam kehidupan, maka mulailah dengan meng-upgrade Konsep Diri Anda.

Bagaimana caranya? Antara lain dengan banyak membaca buku-buku yang dapat menambah khazanah perbendaharaan pengetahuan. Menghadiri seminar-seminar yang mengulas hal-hal praktis yang dapat menjadi panduan dalam anda mengambil langkah juga sangat dianjurkan. Disamping itu banyak bertemu orang-orang juga dapat menambah kepiawaian anda dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan ini.

Saya teringat perkataan Confusius dalam hal pembelajaran: “Diantara 3 orang yang saya temui, salah satunya pastilah guru saya”, artinya siapapun orang yang dia temui, 30% akan memberi pembelajaran padanya. Orang yang dia temui tidak terbatas para kaum cendikiawan saja, tapi bisa dari segala kalangan, bahkan kaum marginal sekalipun.

Kalau dia yang sudah sangat tinggi filosofi hidupnya masih melihat siapa saja dapat menjadi gurunya, apalagi kita. Hal ini jugalah kiranya yang menjadi dasar pemikiran dalam mengupgrade Konsep Diri.

Tindakan untuk mengupgrade konsep diri adalah sebuah pilihan.
Dr. Seuss dalam bukunya menuliskan:
Engkau mempunyai otak dalam kepalamu,
Engkau mempunyai kaki dalam sepatumu.
Engkau bisa membawa dirimu sendiri
ke arah mana pun yang engkau pilih.

Sepandai apapun Anda, kalau pilihannya salah, tidak banyak manfaatnya, sebaliknya sebodoh apapun seseorang kalau ditempatkan pada tempat yang tepat akan mendatangkan manfaat bagi dirinya dan bagi lingkungan sekitarnya.

Hidup memang penuh dengan pilihan dan setiap pilihan yang Anda buat akan mengandung risiko atau konsekwensi bagi hidup anda dan ujungnya akan menentukan kelak siapa diri Anda sebenarnya.

Salah satu pilihan yang paling tepat yang harus Anda akan buat saat ini adalah “Akan jadi apakah Anda kelak?” Apakah anda akan menjadi seorang Super Sales? Ataukah seorang Sales yang biasa saja? Pilihan ada di tangan Anda, namun ingatlah kembali pilihan yang Anda buat akan menentukan hidup dan masa depan Anda.

Tentukan pilihan Anda untuk mengupgrade konsep diri Anda sekarang!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *